15/03/12

Java Swing dan SWT

Java Swing dan SWT

Untuk urusan GUI (Graphical User Interface), pada pemrograman Java akan menggunakan class library yang telah disediakan oleh Java yang dapat digunakan yaitu bernama Swing.
Telah banyak tutorial yang menjelaskan apa dan seperti apa menggunakannya. Namun, bagaimana dengan sesuatu yang bernama SWT, apakah kegunaannya, samakah seperti Swing?

Swing pada dasarnya adalah sebuah kumpulan class  yang diturunkan dari AWT (Abstract Window Toolkit), sederhananya adalah komponen yang telah disiapkan oleh Java untuk urusan tampilan ke user berupa GUI.

SWT tidak jauh beda, SWT (Standard Widget Toolkit) juga merupakan class yang digunakan sama halnya seperti Swing. Namun, SWT ini bukanlah bentukan atau berasal dari default-nya Java, melainkan berasal dari Eclipse. Sehingga ketika menggunakan SWT, membutuhkan library tambahan lagi.
Apa istimewanya SWTdibandingkan dengan Swing? Dengan gambar berikut akan terjawab.

SWT pada arsitekturnya menggunakan Native Library pada sistem operasi yang tedapat pada komputer tersebut.
Native library ini merupakan  library dari OS yang berhubungan dengen menampilkan komponen-komponen seperti button, windowing dan lainnya yang sering disebut Display.
Maka dari itu, SWT akan menghasilkan tampilan GUI dari komponen-komponennya sama persis seperti pada yang dimiliki oleh Sistem Operasi yang dijalankan padanya. Jika berjalan pada Windows, maka tampilan GUI komponen SWT akan seperti yang dimiliki Windows begitu juga pada Linux, Mac ataupun Vista.
Berikut tampilan dari SWT dari beberapa sistem operasi :
  • Windows Vista

  • Linux

  • Mac OS
Sedangkan untuk Swing, untuk tampilannya akan tetap tidak berubah ketika berpindah sistemp operasi, tidak dapat menyesuaikan tampilannya dengan sistem operasi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar