Mengenal STREAM I/O
Program komputer bisa berguna jika ia bisa berinteraksi dengan dunia lain. Interaksi di sini maksudnya input/output atau I/O. Sebenarnya saya masih newbie banget, tapi karena saya ada tugas menulis tentang ini jadi saya berbekal browsing dan mengumpulkan data dari sana sini, saya akan share masalah STREAM IO (ups curhat).
KONSEP DASAR STREAM I/O
Stream adalah representasi abstrak dari aliran data yang berjalan dari sumber (input stream) ke tujuan (output stream)
contohnya :
-membaca dan menulis file di dan ke harddisk
-membaca dan menulis teks ke console
-membaca dan menulis melalui network
Untuk membaca, program membuka stream pada sumber ( file, memory, socket) dan membaca informasi secara sekuensial.
KONSEP DASAR STREAM I/O
Stream adalah representasi abstrak dari aliran data yang berjalan dari sumber (input stream) ke tujuan (output stream)
contohnya :
-membaca dan menulis file di dan ke harddisk
-membaca dan menulis teks ke console
-membaca dan menulis melalui network
Untuk membaca, program membuka stream pada sumber ( file, memory, socket) dan membaca informasi secara sekuensial.
Cara menggunakan Stream:
InputStream dan OutputStream adalah abstract class untuk stream I/O, yaitu untuk membaca dan menulis data dari dan ke file.
Untuk membaca digunakan class yang mengimplementasikan InputStream, contoh : FileInputStream.
Untuk menulis digunakan class yang mengimplementasikan OutputStream, contoh : FileOutputStream.
Untuk membaca digunakan class yang mengimplementasikan InputStream, contoh : FileInputStream.
Untuk menulis digunakan class yang mengimplementasikan OutputStream, contoh : FileOutputStream.
Membaca File: FileInputStream :
1. Definisikan nama file yang akan dibaca melalui class File, atau nama file lengkap dengan path.
2. Periksa apakah file tersebut ada (exist) dan tipenya adalah file (bukan direktori).
3. Siapkan obyek FileInputStream untuk membaca isi file.
4. Baca input dengan menggunakan method read(), dan bila tidak ada input lagi, FileInputStream memberikan indikator -1 sebagai tanda tidak ada lagidata yang akan dibaca.
5. Gunakan method close() untuk menutup FileStream.
Reader dan Writer
Digunakan untuk membaca dan menulis data tekstual.
Untuk mempercepat performance, gunakan fasilitas buffering dengan: BufferedReader.
Untuk membaca teks baris per baris digunakan teknik sebagai berikut:
File f = new File(“c:\\oop\\text.txt”);
FileReader fr = new FileReader(f);
BufferedReader fin= new BufferedReader(fr);
sumber : dari banyak sumber
1. Definisikan nama file yang akan dibaca melalui class File, atau nama file lengkap dengan path.
2. Periksa apakah file tersebut ada (exist) dan tipenya adalah file (bukan direktori).
3. Siapkan obyek FileInputStream untuk membaca isi file.
4. Baca input dengan menggunakan method read(), dan bila tidak ada input lagi, FileInputStream memberikan indikator -1 sebagai tanda tidak ada lagidata yang akan dibaca.
5. Gunakan method close() untuk menutup FileStream.
Reader dan Writer
Digunakan untuk membaca dan menulis data tekstual.
Untuk mempercepat performance, gunakan fasilitas buffering dengan: BufferedReader.
Untuk membaca teks baris per baris digunakan teknik sebagai berikut:
File f = new File(“c:\\oop\\text.txt”);
FileReader fr = new FileReader(f);
BufferedReader fin= new BufferedReader(fr);
sumber : dari banyak sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar