15/03/12

Kenali Pemrograman Java Dengan Cara Sederhana

Kenali Pemrograman Java Dengan Cara Sederhana

Untuk yang mungkin telah mempelajari pemrograman sebelumnya, atau para akademisi yang telah mendapatkan mata kuliah pemrograman, sering sekali ketika mendapatkan hal yang baru seperti pemrograman Java menjadi bingung.
Mudah-mudahan konsep pengenalan yang sedikit ini dapat membuka hal-hal yang masih membingungkan itu.


Sederhana saja, ketika teman yang sebelumnya telah tahu tentang pemgrograman bertanya pada saya, apa itu netbean, eclipse dan apa itu JAR apa itu dan itu. Biasa yang saya jawab seperti ini dan mereka sedikit menjadi lebih memahami walaupun sebenarnya mesti mendalami lagi :
  • Ketika teman bertanya apa itu Netbeans, Eclispe :
    “Pernah tahu Dreamweaver untuk editing tampilan buat bikin website, atau visual studio untuk dipakai  pada .Net Framework ?
    Ya, itu lah jawabannya, hanya perangkat lunak yang difungsikan sebagai IDE (Integreted Development Inveronment) dan difungsikan untuk pemrograman Java. Walaupun akhir-akhir ini telah berubah konsep keduanya menjadi Platform yang sering dikenal RCP (Rich Client Platform), tapi untuk ditahapan pengenalan awal, kedua software tersebut bisa dikatakan  sebuah IDE.”
  • Kalimat pertanyaan Java Eclipse dengan Java Netbeans bedanya dimana?
    “Setelah pemahaman dari jawaban pertama,  untuk pertanyaan ini sudah pasti terjawabkan”
  • Bertanya tentang JAR itu apa?trus di ‘jalanin’ pake apa, dan kenapa mesti pake itu?
    “Pernah tahu Flash, Macromedia Flash, selalu export file berformat SWF kan..trus kalau SWF itu biasanya di ‘jalanin’ pake apa, yep ..tentu saja adalah Flash Player.
    Nah, untuk Java export file atau hasil produknya adalah file berformat JAR (Java ARchive). Dan itu dijalanin pake JRE, seperti halnya Flash Player, aplikasi ini akan menjalankan file JAR tersebut diatas platform JAVA, kepanjangannya JRE (Java Runtime Environment)”
  • Kenapa banyak banget Java?bingung nih, yang ada awalan-awalan J..J nya itu. JDK trus banyak lagi.Install yang mana? (Maksud penanya adalah JDK, J2SE, J2EE, J2ME)
    Jawaban sederhana yang biasa mudah diterima : “ JDK itu kepanjangannya Java Development Kit, kalau mau menjadi developer atau menggunakan java sebagai bahasa pemrograman, install JDK tersebut. Tapi jika hanya menjalakan aplikasi Java yang berformat file JAR, cukup install JRE saja.
    Kenapa banyak sekali Java, ya itu lah kelebihan Java, mempunyai banyak teknologi, karena banyak jadi dibagi-bagi pengelompokannya, dan diberi nama masing-masing
    J2SE – untuk buat aplikasi desktop
    J2EE -  untuk buat aplikasi website
    J2ME – untuk buat aplikasi mobile atau apliasi yang ‘jalan’ di handphone.”
Sejauh ini yang sering dibicarakan dalam pertanyaan teman yang telah dahulu mengenal pemgrogaman adalah seputar pertanyaan tersebut diatas.  Biasanya dengan jawaban itu menambah pemahaman dan lebih menyederhakanan pemikiran tentang Java yang sulit dipelajari, padahal bakal ‘fun and happy’ ketika menjalaninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar